Kamis, 27 Oktober 2016

Download Buku Materi Bimtek Mata Pelajaran PAI & BP Kurikulum 2013 SMP Tahun 2017

Salam Dapodik News
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu pendidikan yang berlandaskan pada aqidah yang berisi ihwal keesaan Yang Mahakuasa Swt sebagai sumber utama nilai-nilai kehidupan bagi insan dan alam semesta. Sumber lainnya yaitu budbahasa yang merupakan manifestasi dari aqidah, yang sekaligus merupakan landasan pengembangan nilai-nilai huruf bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu pendidikan yang ditujukan untuk dapat menserasikan, menselaraskan dan menyeimbangkan antara iman, Islam, dan ihsan yang diwujudkan dalam:
  1. Hubungan insan dengan Yang Mahakuasa Swt. 
    • Membentuk insan Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Yang Mahakuasa Swt serta berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.
  2. Hubungan insan dengan diri sendiri Menghargai, 
    • menghormati dan membuatkan potensi diri yang berlandaskan pada nilai-nilai keimanan dan ketakwaan.
  3. Hubungan insan dengan sesama 
    • Menjaga kedamaian dan kerukunan korelasi inter dan antar umat beragama serta menumbuhkembangkan budbahasa mulia dan kebijaksanaan pekerti luhur.
  4. Hubungan insan dengan lingkungan alam.
    • Penyesuaian mental keislaman terhadap lingkungan fisik dan sosial
Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan

Kurikulum 2013 mengalami beberapa perkembangan dan perbaikan semenjak digulirkannya  pada tahun 2013. Perbaikan kurikulum tersebut berlandaskan pada kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 160 tahun 2014 ihwal Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. 

Secara umum, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan semoga selaras antara ide, desain, dokumen, dan pelaksanaannya. Secara khusus, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan menyelaraskan KI-KD, silabus, pembelajaran, penilaian, dan buku teks. 

Perbaikan tersebut dilaksanakan berdasarkan prinsip perbaikan kurikulum sebagai berikut. 
1. Keselarasan
Dokumen KI-KD, Silabus, Buku Teks Pelajaran, Pembelajaran, dan Penilaian Hasil  Belajar harus selaras dari aspek kompetensi dan lingkup materi.

2. Mudah Dipelajari 
Lingkup kompetensi dan bahan yang dirumuskan dalam KD mudah dipelajari oleh akseptor didik sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis dan aspek pedagogis. 

3. Mudah Diajarkan
Lingkup kompetensi dan bahan yang dirumuskan pada KD mudah diajarkan oleh  guru sesuai dengan gaya berguru akseptor didik, karakteristik mata pelajaran, karakteristik kompetensi, dan sumber berguru yang ada di lingkungan. 

4. Terukur 
Kompetensi dan bahan yang diajarkan terukur melalui indikator yang mudah dirumuskan dan layak dilaksanakan. 

5. Bermakna untuk Dipelajari
Kompetensi dan bahan yang diajarkan mempunyai kebermaknaan bagi akseptor didik  sebagai bekal kehidupan.

Memperhatikan perkembangan perbaikan Kurikulum 2013 di atas, maka diharapkan  beberapa rujukan praktis yang dibutuhkan guru untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan sempurna yang berkaitan dengan pembelajaran dan penilaian, serta unsur penunjang lainnya. 

Untuk membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, Direktorat PSMP menyusun Materi Bimtek Guru yang berisi petunjuk atau rujukan praktis untuk setiap mata pelajaran serta uraian peran yang harus dikerjakan oleh akseptor bimtek. Materi tersebut disusun dalam 4 (empat) serpihan yang saling terkait dengan cita-cita dapat membantu guru dalam membuatkan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penilaian sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 dan melaksanakannya. 

Materi bimtek ini bertujuan untuk: 
  1. mengembangkan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berdasarkan tuntutan Kurikulum 2013; 
  2. mengembangkan keterampilan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013; dan 
  3. meningkatkan keterampilan praktik pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII. 
Materi Bimtek terdiri atas 4 (empat) serpihan yang disusun sesuai dengan kebutuhan guru dalam melakukan Kurikulum 2013 berdasarkan konsep dan pelaksanaannya. Masing-masing bahan terdiri atas tujuan, uraian singkat materi, lembar kerja bimtek, dan penilaian.  Materi tersebut yaitu sebagai berikut.
1. Materi 1: Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian. 
2. Materi 2: Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
3. Materi 3: Praktik Pembelajaran dan Penilaian.
4. Materi 4: Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar. 


Sumber https://roda-pendidikan.blogspot.com/
Sumber http://roda-pendidikan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar