Salam Dapodik News.
Silabus merupakan contoh bagi guru dalam merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran biar siswa memiliki kecakapan atau kemahiran matematika sebagai serpihan dari kecakapan hidup yang harus dimiliki siswa
Silabus mata pelajaran Matematika SMP/MTs disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru
Pengembangan kompetensi matematika diarahkan untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun penalaran, komunikasi, dan pemecahan problem (problem solving). Selain itu, pengembangan kompetensi matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan menggunakan perangkat teknologi untuk melaksanakan perhitungan teknis (komputasi) dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting untuk mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat nonkognitif serta pengembangan nilai, norma dan etika (soft skill).
Pembelajaran Matematika menggunakan pendekatan saintifik yang dapat diperkuat dengan model-model pembelajaran, antara lain: Model Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran Kontekstual; Model Discovery Learning; Project-Based Learning; dan Problem-Based Learning.
Dimana pendekatan saintifik diubahsuaikan dengan materi yang ada pada mata pelajaran matematika untuk membuatkan pengetahuan, kemampuan berpikir, dan keterampilan melalui interaksi pribadi dengan sumber mencar ilmu yang dirancang dalam silabus dan RPP.
Dalam pembelajaran, siswa melaksanakan aktivitas mencar ilmu mengamati kejadian, peristiwa, situasi, pola, fenomena yang terkait dengan matematika dan mulai dikenalkan pemodelan matematika dalam berbagai bentuk; menanya atau mempertanyakan mengapa atau bagaimana fenomena bisa terjadi; mengumpulkan atau menggali informasi melalui mencoba, percobaan, mengkaji, mendiskusikan untuk mendalami konsep yang terkait dengan fenomena tersebut; serta melaksanakan asosiasi atau menganalisis secara kritis dalam menjelaskan keterkaitan antar konsep dan menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur/algoritma yang sesuai, menyusun kebijaksanaan sehat dan generalisasi, dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam aktivitas analisis.
Dalam pembelajaran matematika hal yang perlu ditekankan.
- Aktivitas mencar ilmu di bawah bimbingan guru maupun berdikari dengan menggunakan konsep dan prosedur secara benar dan sistematis dengan mementingkan pemahaman daripada hanya mengingat prosedur.
- Melatih kemampuan berpikir untuk membuat generalisasi dari fakta, data, fenomena yang ada.
- Melatih keterampilan melaksanakan manipulasi matematika untuk menyelesaikan masalah.
- Melatih keterampilan kebijaksanaan sehat matematika. e. Pembelajaran berbasis pemecahan masalah.
Kegiatan pembelajaran pada silabus mata pelajaran Matematika dapat diperkaya sesuai dengan sumber daya yang ada di daerah/sekolah dan siswa
Pembelajaran harus sesuai dengan perkembangan teknologi, maka dalam pembelajaran seyogianya juga dapat menggunakan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana, sumber belajar, maupun alat pembelajaran.
Pemanfaatan buku teks pelajaran tetap dibutuhkan untuk merangsang minat baca dan meningkatkan kreativitas siswa. Terkait dengan revisi kurikulum penggunaan buku teks yang sudah tersedia dapat digunakan dengan menyesuaikan urutan dan kalau perlu tambahan materi, guru dapat membuat suplemen. Lembar kerja (LKS) sedapat mungkin disusun oleh guru dengan memberi peluang kreativitas siswa terlibat dalam merancang prosedur kegiatan
Sebelum melaksanakan pembelajaran dikelas terlebih dahulu guru harus memiliki Perencanaan pembelajaran dimana Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi.
Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP diubahsuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan. Silabus merupakan contoh penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap materi kajian mata pelajaran
Bagi sahabat guru yang belum memiliki silabus mata pelajaran Matematika Kelas VII, VIII & IX edisi terbaru edisi 29 - 01- 2017 kurikulum 2013 berikut ini kami sajikan untuk anda, silahkan sahabat unduh pada link yang tersedia dibawah ini
Download Silabus Matematika Kelas VII, VIII & IX Kurikulum 2013 Edisi Terbaru 2017
Sumber https://roda-pendidikan.blogspot.com/ Sumber http://roda-pendidikan.blogspot.com
Download Silabus Matematika Kelas VII, VIII & IX Kurikulum 2013 Edisi Terbaru 2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar